Kecanggihan Teknologi di IKN

Kecanggihan Teknologi di IKN

Kecanggihan Teknologi di IKN

Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur pakai banyak teknologi canggih hingga membuat kota cerdas atau smart city.

Teknologi tersebut di gunakan mulai dari perencanaan maupun pembangunan kota. Bahkan dalam menjalankan fungsi pemerintahan juga menerapkan kecanggihan teknologi.

Berikut 6 sektor yang menggunakan teknologi modern sehingga menciptakan kota cerdas. Di antaranya sistem pemerintahan, transportasi dan mobilitas, kehidupan masyarakat, sumber daya energi, SDM dan Industri, dan infrastruktur.

fakta-fakta menarik teknologi modern di Ibu Kota Baru:

1. Identifikasi Warga Digital

“Jadi governance ini mengidentifikasi dari penduduk, seperti registrasi, warga baru, sudah di lakukan secara digital, pengelolan kotanya kita punya operation center,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan dan Digtal, Mohammed Ali Berawi.

2. Perizinan Digital

Untuk perizinan menggunakan sistem digital, seperti misal yang sudah ada saat ini melalui sistem OSS dalam penerbitan NIB untuk pelaku usaha mikro.

3. Autonomous Bus

Pada sektor transportasi dan mobilitas, IKN menggunakan teknologi intelegence transportation system. Hal itu di wujudkan dalam pengadaan autonomous driving system, commercial vehicle system, advance public transportation system, dan electrical payment system.

“Insya Allah nanti di depan sumbu kebangsaan itu nanti ada autonomous mini bus, electric bus akan di bangun di IKN, karena konsepnya net zero emission, kita akan gunakan electric vehicle,” lanjutnya.

Baca juga: OIKN luncurkan peta jalan

4. Mobil Terbang

Sedangkan untuk smart logistics akan di bangunkan smart warehouse hingga advance air mobility. Hal itu memungkinkan pengantaran barang melalui udara.

“Kalau bahasa sederhananya mobil terbang, ya untuk penumpang, untuk barang, sekarang teknologinya sedang berkembang,” ujar Ali.

5. Polusi Bisa Diatur

Otorita IKN bakal mengatur tingkat polusi kota menggunakan teknologi, pencipta public safety, sektor kesehatan yang modern, dan pengaturan area publik.

“Health care dan welfare akan kita teruskan seperti telemedicine, kita sudah kedatangan 17 provider yang sudah ada di Jakarta, nanti akan kita kembangkan juga di IKN,” kata Ali.

6. Pakai Energi Terbarukan

Dari sisi sumber daya energi, yang akan di gunakan di IKN Nusantara di katakan Ali 100% bersumber dari renewable energy atau energi baru terbarukan. Menurutnya sumber energi akan di hasilkan dari pemanfaatan air, panas matahari, angin dan lainnya.

“Mulai tahap pertama ini kita sudah membangun, kita akan membangun solar panel di IKN, kita akan mengutilisasi sumber-sumber energi dari air, dari angin, jadi skenario sudah di buat,” lanjutnya.

7. Kendaraan Listrik

Selain itu, otorita IKN juga bakal banyak membangun charging station agar memudahkan masyarakat dalam mengisi tenaga kendaraan listriknya.

Kemudian penerapan konsep smart city juga menyasar pada sektor industri dan sumber daya manusia. Ali mengatakan sistem pendidikan cerdas atau smart education akan menjadi dasar pendidikan di IKN Nusantara.

“Kita akan back up ushaa kecil dan menengah akan kita bangun layanan digital platform untuk UMKM,” kata Ali.

8. Green Building

Selanjutnya penerapan Smart City pada Built Environment dan Infrastructure atau pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan, yaitu seperti yang sudah ada saat ini green building.

“Jadi saya kemarin diajak untuk melihat casenya pada salah satu proyek, bagaimana tempat building automation systemnya, ruangnya, bagaimana mengontrol terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan,” kata Ali.

9. Monitoring Kehidupan di Hutan

Menurutnya, penerapan IoT (internet of things) pada bangunan di IKN akan menciptakan sebuah data yang bisa terkontrol langsung oleh pemerintah.

“Bahkan kehidupan di hutan pun bisa di monitoring dan di intervensi untuk kelestarian hutan, ini salah satu project dari pemerintah,” pungkasnya.

itulah Kecanggihan Teknologi di IKN.

Baca info slot tergacor slot bet 100 perak